Sundanese, hiburan, tips kesehatan, kecantikan, gaya hidup, and more!

Video - Penyebab Jerawat Pada Wajah Remaja!

by Kustian , at 3:10:00 PM , have 0 komentar

Penyebab jerawat pada wajah remaja umumnya terdiri dari dua faktor, yaitu faktor dalam dan luar. Walaupun banyak yang mengatakan jerawat juga bisa dipengaruhi oleh faktor keturunan. Namun sebenarnya untuk hal ini belum ada penjelasan yang pasti. Akan tetapi dalam berbagai kasus membuktikan bahwa sebagian besar penderita jerawat orang tuanya juga pernah mengalami masalah jerawat.


Faktor pemicu jerawat

Faktor yang mempengaruhi penyebab jerawat dari dalam adalah pada kelenjar-kelenjar di kulit itu sendiri, seperti  kelenjar keringat, dan kelenjar sebasea. Kelenjar keringat memproduksi keringat agar kelembaban kulit tetap terjaga, sedangkan kelenjar sebasea yakni kelenjar yang mengontrol kelembaban kulit.


Apabila tedapat rangsangan dari hormon androgen (untuk pria) dan hormon asterogen (untuk wanita) bekerja lebih aktif dan produksinya sangat meningkat, kelenjar ini akan memegang peranan penting dalam proses timbulnya jerawat.

Umumnya hormon androgen pada masa pubertas (remaja) sangat mudah meningkat sehingga faktor jerawat dari dalam ini sering dialami oleh para remaja atau anak muda. Mengapa? Sebab hormon tersebut bekerja lebih aktif dan produksinya lebih meningkat dibanding mereka orang-orang yang sudah dewasa.


Nah, sedangkan penyebab jerawat dari faktor luar sebenarnya banyak sekali, Ada beberapa faktor yang dapat memicu timbulnya masalah jerawat ini, diantaranya adalah stres, iklim, psikis, atau pengaruh penggunaan kosmetika dan lain sebagainya. Namun, persentasenya tidak terlalu besar.

Jerawat yang tumbuh karena faktor dari luar ini biasanya dipengaruhi oleh perubahan hormon dalam tubuh dan memicu peningkatan produksi kelenjar minyak. Hal ini beresiko terjadinya penyumbatan pada folikel rambut akibat kelenjar androgen mengubah kekerasan pada kratin.

Dan yang penting dan harus anda ketahui yang mempengaruhi penyebab jerawat dari luar ini adalah kotoran diwajah. Entah itu bakteri, kuman, debu, polusi, yang menempel di permukaan kulit wajah. Sehingga ini akan memicu proses terjadinya jerawat, akibat tersumbatnya pori-pori dipermukaan kulit wajah.

Jadi, buat anda yang sedang kebetulan menderita masalah jerawat, diwajibkan untuk selalu harus menjaga kebersihan wajah anda dari berbagai kotoran, seperti misalnya debu, polusi dan lain sebagainya.

Kondisi pada jerawat

Keadaan jerawat sendiri ada tiga macam. Yakni, ada yang kondisinya ringan, sedang, dan ada juga yang parah. Kira-kira 50 persen jerawat dalam keadaan sedang, sementara 25 persen lagi jerawat tergololong dalam kondisi ringan dan parah. Pada tingkat jerawat yang parah ini gejala yang di temukan adalah jerawat yang disertai dengan peradangan, berdarah dan bernanah.

Jerawat tidak hanya terjadi dikalangan remaja saja, diatas usia 40 tahun pun masih ada yang terkena jerawat, seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya di atas. Hanya frekuensinya saja yang tidak sebanyak pada kaum remaja.

Penyebab Jerawat Pada Wajah Remaja


Image - Source
Setelah kita mengetahui faktor utama penyebab timbulnya jerawat diatas, yaitu faktor dari dalam dan luar. Nah, untuk melengkapinya berikut kami rangkum beberapa hal yang dapat memicu timbunya masalah jerawat dari dalam dan luar tersebut.

Beberapa hal atau kebiasan di bawah ini mungkin biasa kita lakukan sehari-hari, tanpa disadari ternyata menurut beberapa ahli kulit bisa menjadikan salah satu faktor penyebab timbulnya jerawat, baiklah berikut ini adalah ulasannya.

1. Penggunaan Kosmetika

Kosmetik-kosmetik tertentu terutama yang mengandung yodium, vaselin, atau petrolatum bisa menyebabkan masalah timbulnya jerawat. Karena dapat menyumbatan saluran kelenjar pada folikel kulit.

Karenanya, mereka yang peka atau sudah menderita jerawat tidak dianjurkan memakai kosmetika yang mengandung berbagai contoh jenis zat tersebut. Sebaiknya, bebaskan kulit dari pengugunaan kosmetik untuk sementara waktu, saat sedang berjerawat.

Tips: Jangan memilih alas bedak (fondation) yang bahan dasarnya minyak, sebaiknya memilih yang dasarnya air. Disamping itu, jangan pakai kosmetika terlalu tebal, karena akan menutupi pori-pori dan akan menambah parah kondisi jerawat.

2. Makanan penyebab jerawat

Walaupun sampai saat ini masih terjadi perdebatan mengenai pengaruh makanan terhadap timbulnya jerawat, sebaiknya ambil jalan tengah-tengah saja, bukankah berhati-hati itu lebih baik?

Tips: Menghindari makanan berlemak atau berminyak contohnya seperti minyak goreng, minyak kelapa, santan, kacang-kacangan, cokelat, lemak daging sapi, lemak daging babi, dan sebagainya, sebaiknya di hindari.

3. Kepekaan Kulit

Pada orang yang banyak memiliki kelenjar minyak, bisa terjadi kepekaan terhadap androgen jika terangsang oleh minyak pada permukaan kulit. Misalnya orang yang bekerja di bengkel, yang banyak terdapat minyak pelumasnya, cenderung mudah mengalami gangguan masalah jerawat.

Tips: sebaiknya kita harus selalu memperhatikan kesehatan atau kebersihan kulit wajah untuk mencegah terjadinya jerawat. Selama bekerja atau setelah melakukan pekerjaan sebaiknya membersihkan wajah dengan pembersih wajah.

4. Faktor Iklim

Walaupun belum ada penelitian khusus mengenai pèngaruh iklim terhadap penyebab jerawat, dari pengamatan yang dilakukan para dermatolog terbukti orang yang tinggal di wilayah sejuk jerang térkena jerawat di bandingkan dengan orang-orang yang tinggal di daerah yang cuacanya panas, penyebabnya karna hawa yang panas dapat mengkatkan kerja kelenjar sebum.

5. Faktor Stress

Stres adalah salah satu penyebab utama kerusakan kulit dan salah satu penyebab timbulnya masalah jerawat pada orang dewasa. Stres dapat menekan produksi enzim pencernaan dan merangsang saraf pusat sehingga produksi kelenjar minyak akan menjadi berlebihan.

Tips: olahraga merupakan hal paling penting untuk mencegah atau menghilangkan stres, disamping untuk mencegah timbulnya masalah jerawat. Dengan aktif bergerak seperti berolahraga akan melancarkan peredaran darah dan mencegah ketegangan pada kulit semakin sehat.

6. Pembersih wajah yang tidak cocok

Penyebab jerawat lainnya adalah pengaruh pemakaian pembersih wajah. Walaupun pembersih wajah itu mengandung pelembab yang bisa mengangkat kotoran, toksin, dan sel kulit mati.

Namun meskipun demikian, pembersih wajah yang tidak cocok justru akan menimbulkan masalah pada kulit wajah seperti misalnya masalah jerawat ini, dan bahkan bisa memperparah kondisi jerawat, jadi sebaiknya pilihlah sabun yang sesuai untuk jenis kulit wajah anda.

7. Darah kotor

Selain faktor penyebab jerawat diatas, ternyata darah kotor juga dapat memicu menyebabkan masalah timbulnya jerawat. Darah kotor dapat disebabkan karna makanan-makanan yang biasa kita konsumsi yang kurang sehat.

8. Polusi/debu atau kotoran

Untuk yang satu ini memang tidak di ragukan lagi, siapa pun tahu polusi udara itu sangat tidak baik bagi kesehatan, tak terkecuali untuk kesehatan kulit wajah kita. Bagi mereka yang sedang berjerawat tentu saja ini akan dapat memperparah kondisi jerawatnya, karena kotoran yang menempel diwajah ini dapat menutupi pori-pori kulit.

Polusi dan debu seperti di jalan raya, kemacetan, atau di pabrik-pabrik tertentu yang menimbulkan polusi atau pencemaran udara terkadang memang tidak bisa kita hindari, baik karna alasan bekerja atau lainnya. Tipsnya adalah sebisa mungkin untuk selalu menjaga kebersihan wajah, bawalah toner atau pembersih wajah dimanapun anda berada.

9. Tidur larut malam

Entah itu insomnia atau sering tidur larut malam, semisal nonton tv semalaman dapat menjadikan kondisi kesehatan kulit wajah kurang baik.

Kketika sering begang atau tidur larut malam biasanya wajah kita akan nampak berminyak nah, kondisi seperti inilah yang memicu timbulnya masalah jerawat. Tips: sebaiknya usahakan untuk tidur tidak terlalu malam saat sedang berjerawat

10. Terlalu sering membersihkan wajah dengan sabun

Sesuatu yang berlebihan pastinya akan kurang baik, termasuk yang satu ini. Karna jarang disadari membersihkan wajah yang terlalu sering juga malah akan memicu timbulnya jerawat, mengapa? Saat kita sering membersihkan wajah kulit kita akan nampak kering, tak jarang jerawat lecet, nah hal seperti inilah yang dapat memicu munculnya jerawat-jerawat baru.

Membersihkan wajah saat sedang berjerawat memang perlu dan harus, namun jangan sampai keterlaluan juga atau berlebihan, selain itu, hal ini dilakukan untuk mencegah kekeringan pada kulit wajah anda bila terlalu berlebihan membersihkan muka terutama dengan sabun pembersih muka.

Nah, mungkin itu saja hal penting yang harus kamu ketahui tentang penyebab jerawat. Untuk melengkapinya, saya sediakan juga video tentang berbagai faktor penyebab timbulnya masalah jerawat untuk sekedar untuk menambah info serta wawasan pengetahuan mengenai jerawat. Silahkan dilihat video dibawah ini.

Video Penyebab Jerawat


Video: Spotlite trans 7

* Catatan:
"Jerawat sebenarnya jika di biarkankan akan sembuh sendirinya, seiring dengan menurunya hormon androgen pada tubuh manusia. Biasanya jerawat akan menghilang dengan sendirinya jika seseorang telah berusia 25 tahun, sejalan dengan perubahan hormon didalam tubuhnya."





Video - Penyebab Jerawat Pada Wajah Remaja!
Video - Penyebab Jerawat Pada Wajah Remaja! - written by Kustian , published at 3:10:00 PM, categorized as Kecantikan , Remaja . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2016 Putrasunda.com