Sundanese, hiburan, tips kesehatan, kecantikan, gaya hidup, and more!

Manfaat Menulis Bagi Siswa, Dan Contoh Catatan Harian Bahasa Sunda!

by Kustian , at 10:23:00 PM , have 0 komentar

Catatan harian atau yang lebih sering kita kenal dengan catatan diary, merupakakan catatan dari suatu kegiatan atau kejadian yang kita alami sehari-hari. Namun tidak harus selalu setiap hari, karna banyak juga yang tidak mematok untuk menulisnya setiap hari, ada juga yang menulisnya jarang-jarang, jadi hanya hal-hal yang penting saja yang ditulis.

Buku yang dipakai untuk menulis cacatan harian disebut dengan buku diary. Buku diary sekarang ini banyak tersediakan ditoko-toko buku. Namun, jika ditulis dari buku catatan biasa juga tidak apa-apa.

Apa Manfaat Menulis Catatan Harian



Apakah ada manfaatnya untuk kita, dengan membiasakan menulis catatan harian ini? Jawabannya ada. Bukan saja seolah-seolah kita mencatat kejadian yang dialami, tapi manfaat sebenarnya  adalah dengan menulis catatan harian (mengarang). kita dapat menyusun pikiran, dan orang yang dapat menusun pikiran akan dapat merumuskan pikirannya.

Manfaat lainnya adalah, dengan kita membiasakan menulis karangan, kita dapat menggunakan bahasa-bahasa yang lebih baik dari kegiatan komunikasi sehari-hari, baik itu dari perkataan ataupun tulisan.

Manfaat Menulis Bagi Siswa, Dan Contoh Catatan Harian Bahasa Sunda!
image - source
Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh UNESCO, (Suatu organisasi dunia yang bergerak dibidang pendidikan). Anak-anak sekolah yang ada di indonesia, termasuk yang paling rendah kalau soal urusan kebiasaan tulis menulis atau mengarang ini, jika dibandingkan dengan negara-negara yang ada di asia.

Terlebih, jika dibandingkan dengan negara-negara maju seperti di eropa atau amerika. Di luaran sana, banyak anak-anak sekolah yang menjadikan menulis sebagai kegiatan sehari-hari. Anak-anak sekolah disana, sudah terbiasa menulis catatan harian dan menulis surat, ini bertujuan untuk membuat fikiran menjadi lebih berkembang.

Contoh Catatan Harian Bahasa Sunda


Nah, demikian sedikit manfaat dari kebiasaan kita menulis catatan harian atau mengarang ini. Nah, di bawah ini saya siapkan sebuah karangan dari catatan harian dengan menggunakan bahasa sunda sebagai contoh. Catatan harian basa sunda ini ditulis oleh Desi, siswa dari kelas 1 SMP.

Catatan Harian Basa Sunda



Senen, 5 Juli.
Dinten ieu Desi ngawitan sakola di SMP. Resep pisan geuning di SMP mah, langkung-langkung ti SD. Diajar di kelas langkung tertib, jaba guruna seueur, unggal pelajaran teh benten-benten.

Tadi dina pelajaran basa Sunda, unggal siswa dipiwarang ka payun ku Bu Euis. Dipiwarang diajar nyarios basa Sunda bari ngenalkeun diri masing-masing. Aya anu tiasa nyarios, aya oge anu jempe bae nangtung di payuneun kelas.

Anu lucu mah si Agung, budak gendut, basa nangtung di payun teh beungeutna bareureum bakat ku era panginten. Agung kasima, teu tiasa nyarios, kalah ka hing bae nangis…..

Rebo, 7 Juli.
Bubaran sakola Desi uih rurusuhan da careudeum kawas bade hujan. Ari pek di jalan ningal nini-nini anu ngajanteng bae sisi jalan , kawas bade nyebrang. Ku Desi disampeurkeun, ditaros, “Nini, bade nyebrang?” Nini-nini teh ngawaler, “Muhun, eneng, Nini teh bade meuntas, mung teu wantun, sieun katabrak mobil.”

Nah, ku Desi enggal bae dicepeng pananganana, dituyun diajak nyebrang jalan. Barang dugi ka sebrang, nini-nini teh masihan artos sarebu. Ku Desi teu ditampi. Nini-nini teh nuhun-nuhunan sababaraha kali bari ngusapan bu'uk Desi.

Minggu, 11 Juli
Novi sareng Susan arameng ka bumi Desi. Maksadna mah bade ngerjakeun PR bari hoyong arameng bae panginten. Nya teras ngariung di tepas, ngerjakeun PR matematika.

Tos kitu, Novi sareng Susan teh ku Desi diajak ngarujak, da kaleresan di buruan teh aya tangkal jambu aer nu keur meuhpeuy buahan. Novi anu ngalana, diajulan nganggo gantar, si susan anu mulunganana. Ari Desi anu ngadamel samara rujakna.

Wah, raooooos teh! Mung hanjakal samarana lada teuing. Novi seuhah bae. Susan mah komo dugi ka ngacay awahing ku lada. Desi nyikikik seseurian, kagugu ningal Susan ngacay teh.

Salasa, 13 Juli
Tadi pelajaran seni musik, matak resep. Guruna Pa Hendi, bageur jaba pinter ngamaenkeun alat-alat musik. Tadi oge barudak sakelas dipiwarang nyanyi bari diiringi ku organ.

Wah, engeunahen teh! Siswa anu tiasa nyanyi dipiwarang ka payun. Novi anu wantun nyanyi ka payun teh. Laguna Menghirtung Hari. Puguh bae barudak sakelas keprok. Saur Pa Hendi “Wah di kelas urang tos lahir Krisdayanti….!” Huh, barudak keprok deui mani ngaguruh!

Selesai..

Nah, demikianlah untuk artikel kali ini tentang Manfaat menulis catatan harian untuk siswa sekolah, dan contoh catatan harian bahasa sunda. Semoga bisa bermanfaat, dan terimakasih atas waktunya. 





Manfaat Menulis Bagi Siswa, Dan Contoh Catatan Harian Bahasa Sunda!
Manfaat Menulis Bagi Siswa, Dan Contoh Catatan Harian Bahasa Sunda! - written by Kustian , published at 10:23:00 PM, categorized as Artikel sunda . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2016 Putrasunda.com