Sundanese, hiburan, tips kesehatan, kecantikan, gaya hidup, and more!

Inilah 2 Penyebab Utama Ponsel Android Mu Menjadi Lemot!

by Kustian , at 1:09:00 PM , have 0 komentar

Ketika sedang asik membuka-buka aplikasi dan bermain game, terutama game-game yang cukup berat diponsel android, tentunya kita sering mengalami masalah yakni menurunnya kecepatan ponsel android kita, alias menjadi lemot! Dan hal apakah yang menyebabkan ponsel android kita menjadi lemot tersebut?

Penyebab Utama Android Lemot


Inilah 2 Penyebab Utama Ponsel Android Mu Menjadi Lemot!

Penyebab android lemot akibat penggunaan RAM


Penyebab utama dari lemotnya ponsel android yang kita gunakan, adalah akibat dari penuhnya penggunaan memori "Random acces memory" atau yang biasa kita sebut dengan "RAM".

Meskipun banyak dari aplikasi pihak ke-3 yang menawarkan kemampuan untuk memaksa memori RAM, seperti RAM booster atau sejenisnya untuk me-reflesh kinerja dari sebuah RAM.

Namun, saya pribadi jarang bahkan tidak pernah menggunakan RAM booster di prangkat smartphone bahkan pada perangkat komputer. Karna saya khawatir akan berdampak buruk pada memori RAM nantinya.

Tips:
Jadi carilah smarphone android yang memiliki memori RAM yang lebih besar, minimal 4 GB

Penyebab android lemot dari pengaruh Kecepatan dan jenis processor yang digunakan.


Penyebab android menjadi lemot ke dua adalah dari kecepatan serta processor yang digunakan. Tentunya hal ini sangat berpengaruh kepada kinerja dari kecepatan ponsel android ketika digunakan saat membuka-buka banyak tugas seperti bermain game, aplikasi, dan sebagainya.

Semakin tinggi kecepaatan serta jenis processor yang digunakan, maka akan akan semakin cepat pula kinerja serta membuatnya tidak lemot. Dan berikut gambaran sederhananya, perhatikan kedua perbandingan dari kedua gambar ponsel android dibawah ini.

Perbandingan kecepatan ponsel android
(klik gambar untuk memperbesar)
Dari gambar diatas, kita sudah dapat menebak ponsel android mana yang lebih cepat, dan mana yang lebih lemot, dalam pemrosesan datanya. Ibaratkan manusia sebuah processor itu adalah otaknya.

Dari gambar diatas ponsel android ke-1 lebih baik daripada ponsel ke-2. Jadi semakin tinggi chipset GPU yang digunakan, maka semakin bagus dan tentunya akan semakin mahal pula harganya, begitu juga sebaliknya.


Hal Yang Dapat Menyebabkan Android Lemot, Serta Tips Ringan Supaya Android Mu Tidak Lemot


Setelah kita mengetahui dua faktor utama dari penyebab lemotnya ponsel android, berikut tips sederhana yang dapat dilakukan untuk meningkatkan performa dari kecepatan pemerosesan data disaat memori RAM pada ponsel android mu mulai penuh.

  • Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah benar-benar menghentikan aplikasi yang telah dipakai atau yang sedang aktif yang berjalan di bagian latar belakang atau background.

Jadi, setelah kita selesai menggunakan aplikasi, banyak pengguna android yang tidak sadar bila aplikasi yang dibuka sebelumnya masih belum ditutup secara sempurna. Akibatnya, aplikasi itu masih berjalan pada background dan membuat RAM semakin penuh.

Jika smartphone Android yang kamu gunakan ber-operating sistem android 4.0 (Ice Cream Sandwich) ke atas, kamu cukup menekan tombol menu beberapa detik untuk menampilkan aplikasi yang berjalan pada background.

Cara menutup aplikasi yang benar agar android tidak lemot
image - source
Kemudian, menggeser aplikasi yang ingin dihentikan ke sebelah kiri atau kanan agar mereka hilang dan tertutup secara maksimal. Selain menutup aplikasi, cara ini juga dapat membuang aplikasi dari pemrosesan data di RAM.

  • Langkah kedua adalah dengan mematikan aplikasi yang membandel, atau menghentikannya secara paksa.

Terkadang memang banyak aplikasi yang tidak digunakan tetapi dia terus hidup alias berjalan dilatar belakang (background) dan memakan ruang RAM cukup banyak yang menyebabkan android menjadi lemot.

Nah, hal pertama yang Anda harus lakukan untuk menghentikan kerja sebuah aplikasi adalah masuk ke menu pengaturan atau 'setting'. Di bagian 'device' atau alat, pilih sub menu 'Apps' untuk melihat daftar aplikasi yang ada.

Kemudian, tinggal tekan aplikasi yang ingin kamu hentikan prosesnya dengan memilih opsi 'Force Stop' atau hentikan secara paksa.

Menutup aplikasi secara paksa agar Ponsel Android tidak semakin Lemot

Disamping membuat RAM smartphone berkurang beban kerjanya, menghentikan aplikasi lewat cara di atas, dapat mengaktifkan aplikasi aplikasi berjalan dengan lebih optimal dan terhindar dari kesalahan sistem atau bug saat nanti dijalankan kembali.

Tetapi perlu diperhatikan, jangan menghentikan paksa aplikasi dari bawaan sistem android kamu, yang terhubung dengan aplikasi utama dari sistem android kamu seperti Gmail, dan sebagainya.


Sebab, hal tersebut dapat membuat aplikasi lain yang berhubungan dengannya menjadi terpengaruh dan bermasalah, jika hal ini terjadi silahkan restar ponsel android kamu.

Baca juga:
Ponsel Android Mu Jadi Lemot? Ini Dia 10 Tips Jitunya!

Demikianlah artikel penyebab utama ponsel android menjadi lemot, serta tips sederhana agar android mu tidak semakin lemot. Mudah-mudahan dapat bermanfaat, dan teriimakasih atas waktunya.





Inilah 2 Penyebab Utama Ponsel Android Mu Menjadi Lemot!
Inilah 2 Penyebab Utama Ponsel Android Mu Menjadi Lemot! - written by Kustian , published at 1:09:00 PM, categorized as Android tips . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2016 Putrasunda.com